Minggu, 27 Agustus 2023

Merokok Sambil Minum Kopi, Kombinasi yang Berbahaya bagi Jantung

 Merokok Sambil Minum Kopi, Kombinasi yang Berbahaya bagi Jantung



Ditulis Oleh: dr. Heri Hernawan, Sp. JP FIHA


Merokok Sambil Minum Kopi, Kombinasi yang Berbahaya bagi Jantung

Banyak sekali orang disekitar kita yang bersantai sambil merokok sambil minum kopi. Namun tahukah Anda kalau kebiasaan ini berbahaya bagi jantung Anda?



Menurut penelitian Charalambos Vlachopoulos, MD, dan beberapa peneliti lain dari Cardiology Department of Athens Medical School, Yunani, kafein dan rokok yang dikonsumsi bersamaan dapat berinteraksi dan menghasilkan efek negatif pada jantung.


Hasil penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan peningkatan risiko kekakuan pada arteri lebih mungkin terjadi pada partisipan yang meminum kopi dan merokok dalam sesi yang sama.



Kombinasi kopi dan rokok dapat mempercepat kerusakan jantung karena kandungan nikotin pada rokok dan kafein pada kopi dapat membuat jantung bekerja lebih cepat, yang keduanya juga dapat menyebabkan hipertensi.


Karena efeknya sama, kafein pada kopi dan nikotin pada rokok bekerja saling menguatkan. Ketika jantung bekerja terlalu cepat akibat efek kedua senyawa tersebut, maka beban yang ditanggungnya akan bertambah sehingga lama kelamaan akan cepat rusak.


Merokok merupakan faktor risiko terpenting dari berbagai kasus gangguan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, merokok juga menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronis lainnya, terutama kanker. Pada wanita, berbagai senyawa racun dalam rokok juga dapat mengganggu tumbuh kembang janin saat masih dalam kandungan.



Bahaya minum kopi sambil merokok :


Memperkuat ketergantungan karena faktor kebiasaan.

Menyebabkan tekanan darah tinggi.

Bila mengonsumsi kopi dan rokok secara bersamaan, kopi akan menyebabkan aliran darah meningkat, sedangkan merokok akan mempersempit pembuluh darah. Kombinasi keduanya dapat menyebabkan berkembangnya plak di arteri yang membuatnya kaku dan kehilangan elastisitasnya.



Menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Minum kopi dan merokok secara bersamaan dapat meningkatkan kekakuan pembuluh darah dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Artikel direview oleh dr. Heri Hernawan, Sp.JP FIHA (Dokter Jantung dan Spesialis Pembuluh Darah RS EMC Tangerang

____

Cat :< /p> PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar