Minggu, 27 Agustus 2023

Kedai Kopi-Kedai Kopi Populer di Sumatera Utara

 Kedai Kopi-Kedai Kopi Populer di Sumatera Utara 





Jakarta - Budaya minum kopi juga lekat di kalangan warga Medan. Karenanya tak lengkap mampir ke Medan kalau tidak mencicip kopi racikan kedai legendaris ini.


Sebelum es kopi susu kekinian menjamur di Jakarta, sudah banyak daerah di Indonesia yang sajikan kopi susu nikmat. Salah satunya, Medan. Di sini tak sulit menemukan kedai kopi atau kopi tiam enak.


Masing-masing kedai kopi punya penggemarnya sendiri. Mereka meracik kopi yang khas dengan sajian aneka pendamping yang nikmat. Ini 4 kedai kopi legendaris di ibu kota Sumatera Utara.


1 Kedai Kopi Apek



Di kawasan Jalan Hindu, Kesawan, Anda wajib mampir ke Kedai Kopi Apek. Konon kedai kopi ini adalah yang tertua di Medan karena sudah ada sejak tahun 1923. Interior ruangan di sini juga masih mempertahankan desain zaman dahulu.


Kini Kedai Kopi Apek dikelola generasi ketiga. Racikan minuman kopinya masih nikmat, salah satu yang patut dicicip adalah Kopi O dari biji kopi Sidikalang. Kalau mau yang manis, cobalah paduan kopi sidikalang dengan susu kental manis. Uniknya susu kental manis disajikan terpisah di gelas kecil sehingga Anda bisa menyesuaikan rasa manis sesuai selera. Pesan juga roti bakar srikaya dan martabak telur sebagai camilan pendamping kopi.


2. Kopi Kok Tong Siantar


Kedai kopi yang usianya hampir 1 abad lainnya adalah Kopi Kok Tong Siantar yang sudah berdiri sejak tahun 1925. Lokasinya ada di Jalan Cipto No. 115, Pematang Siantar. Kedai kopi ini awalnya didirikan oleh Lim Tee Kee yang memiliki darah Tiongkok.


Kini Kedai Kopi Kok Tong dikelola oleh generasi ketiga bernama Paimin Halim atau biasa dipanggil Aktiong. Hanya ada dua menu saja yang bisa dinikmati dari Kopi Kok Tong Siantar, yaitu kopi hitam dan kopi susu.


Jenis kopi yang digunakan berasal dari biji kopi robusta Simalungun. Cita rasa pahitnya terasa lebih pekat dengan aroma yang semerbak. Kalau yang tak suka rasa kopi pahit, bisa memesan menu kopi susu yang tak kalah enak.


3. Kopi Sedap Siantar


Selain Kong Ong yang terkenal legendaris di Pematang Siantar, ada juga kedai kopi legendaris lainnya. Bernama Kopi Sedap Siantar yang dulunya kerap dikenal dengan sebutan Kedai Kopi Go Muk.

Letaknya ada di Jalan Sutomo No. 97, Siantar. Mengulik sejarahnya, ternyata kedai kopi legendaris inis udah berdiri sejak tahun 1939. Kopi robusta yang pekat rasanya menjadi ciri khas dari Kedai Kopi Sedap Siantar.


Selain kopi hitamnya, racikan kopi susu di kedai ini juga terasa nikmat. Tak lengkap rasanya kalau hanya menikmati kopi saja, kamu bisa memesan seporsi roti bakar srikaya untuk teman minum kopi.


4. Kopi Kurnia


Di kawasan Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, Medan, ada kedai kopi yang terkenal. Namanya Kedai Kopi Kurnia yang juga legendaris sudah berusia puluhan tahun. Kopi tubruk khas Medan menjadi ciri khas dari kedai kopi bergaya klasik ini.


Untuk teman minum kopi, kamu bisa memesan roti bakar srikaya yang manis legit. Selain itu, kedai kopi legendaris ini juga menyediakan menu kwetiau goreng dan mie ala Hong Kong.


____

Cat :

https://food.detik.com/info-kuliner/d-6238505/kopi-khas-medan-terkenal-harum-aromanya-ada-di-4-kedai-legendaris-ini/2?_gl=1*o8ctgb*_ga*THYwTUxRUTZDWGRfbGx0MTVleEVVdmhHck5YN1RoRFY3dE1ycXB0T01YWlA3RkVyTFA0ZENhQkM1UFlmNXRXTA..*_ga_CY42M5S751*MTY5MzE5MjQ5Ny4xLjAuMTY5MzE5MjU3My42MC4wLjA.


 < /p> PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar