Sabtu, 26 Agustus 2023

Pengertian Roasting Kopi atau Memanggang Kopi atau menyangrai kopi

 Pengertian Roasting Kopi atau Memanggang Kopi  atau menyangrai kopi


Roasting Kopi 



Memanggang kopi mengubah sifat kimia dan fisik biji kopi hijau menjadi produk kopi sangrai . Proses penyangraian inilah yang menghasilkan cita rasa khas kopi dengan menyebabkan biji kopi hijau berubah rasa.


 Biji kopi yang belum dipanggang mengandung kadar asam , protein , gula, dan kafein yang sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi yang telah dipanggang, namun tidak memiliki rasa seperti biji kopi sangrai karena Maillard dan reaksi kimia lainnya yang terjadi selama proses pemanggangan.



Kopi cenderung disangrai dekat dengan tempat konsumsinya, karena kopi hijau lebih stabil dibandingkan biji sangrai. 


Sebagian besar kopi disangrai secara komersial dalam skala besar, namun pemanggangan komersial skala kecil telah berkembang secara signifikan seiring dengan tren kopi "single-origin" yang disajikan di toko-toko khusus. 


Beberapa peminum kopi bahkan memanggang kopi di rumah sebagai hobi untuk bereksperimen dengan profil rasa biji kopi dan memastikan kopi panggang yang paling segar.



Peralatan pertama yang tercatat untuk memanggang biji kopi adalah panci tipis yang terbuat dari logam atau porselen, yang digunakan pada abad ke-15 di Kekaisaran Ottoman dan Persia Raya . Pada abad ke-19, berbagai paten diberikan di AS dan Eropa untuk pemanggang komersial, yang memungkinkan kopi dalam jumlah besar. Pada tahun 1950-an, ketika kopi instan menjadi minuman kopi yang populer, kedai kopi spesial mulai dibuka untuk melayani para penikmatnya, menawarkan minuman yang diseduh secara lebih tradisional. 


Pada tahun 1970-an, lebih banyak kedai kopi spesial didirikan, yang menawarkan beragam kopi sangrai dan biji kopi dari seluruh dunia. Pada tahun 1980an dan 1990an, industri kopi gourmet mengalami pertumbuhan yang pesat. Tren ini berlanjut hingga abad ke-21.

____

Cat :

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar